HendraUfa

Warga Kenagarian Sikabu kabu Tanjung Haro Padang Panjang dimakamkan prosedur Covid-19 hari ini

Tim 1 Pemakaman Covid-19 dari BPBD Kab. 50 Kota melaksanakan pemakaman dengan prosedur Covid-19 di Padang Tangah Jorong Padang Panjang Nagari Sikabu-kabu Tanjung Haro Padang Panjang Kec. Luak Kab. 50 Kota pada hari Senin (25/5).

"Almarhum bernama Khatib (76), diketahui mengeluh sakit perut dan batuk. Kemudian keluarga membawa ke RS Adnan WD untuk berobat. Karena menderita Kanker Prostat yang cukup lama, pihak rumah sakit merujuk ke RS M Jamil Padang pada hari Jumat (22/5)", ucap Dt. Gindo Nan Hitam, keluarga almarhum.

Pasien direncanakan akan melaksanakan operasi Kanker Prostat. Sesuai prosedur, pasien harus mengikuti test swab. Karena pasien meninggal sebelum  hasil labor keluar, sehingga penyelenggaraan jenazah dilaksanakan oleh petugas forensik RS Adnan WD dengan protokol standar penyelenggaraan pasien Covid-19. 

Sebelum pemakaman dilaksanakan, keluarga dan warga sekitar melaksanakan sholat gaib. Kemudian dilanjutkan dengan pemakaman yang dilaksanakan oleh Tim BPBD dengan APD lengkap.


"Seluruh masyarakat agar tetap melaksanakan prinsip PSBB dengan hidup bersih, sering mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker serta menghindari keramaian", kata Kabid Yanmas Dinkes Kab. 50 Kota dr. Edison yang turut hadir menyaksikan.